Cover menentukan penilain tentang Cetak Buku Praktikum Anda. Bicara soal Cover Buku, ada pepatah andalan yang mengatakan, “Don’t judge the book by its cover.” Ini sebenarnya tidak dimaksudkan untuk buku, tapi mengarah pada sikap mental untuk tidak menilai orang dari penampilannya. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak sekali orang yang membeli buku karena tertarik dengan tampilan Cover Bukunya. Oleh karena itu Cover Buku atau sampul buku, menjadi andalan utama penulis atau penerbit dalam mempertaruhkan laku tidaknya sebuah buku.

cover

Sebuah buku dikatakan memiliki cover apabila memenuhi beberapa kriteria satandar yaitu ada:

1. Halaman Depan Cover 

2. Punggung Cover

3. Halaman Belakang Cover

Contoh cover buku diatas menggambarkan standar Cover Buku yang harus Anda pahami. Selain memiliki halaman depan, punggung buku (tidak perlu jika menggunakan Jilid Kawat) dan halaman belakang. Cover buku harus memenuhi beberapa standar yaitu memiliki bleed dan ukuran punggung yang sesuai dengan isi buku.

Tentang bleed sendiri adalah kelebihan desian cover 3 mm dari garis potong, untuk menghindari apabila tukang potong salah memotong sehingga Cover Buku Anda tidak menjadi putih di bagian pinggirnya. Sedangkan punggung buku agar ketebalan sesuai Anda bisa mencoba mengukur punggung buku lain yang Anda punya dengan menggunakan penggaris dan sesuaikan jumlah halaman dengan buku Anda yang ingin dibuatkan punggunya.

Cover Buku sendiri memiliki tema yang sangat bermacam-macam, tentu tergantung dari isi bukunya. Tapi tahukah Anda bahwa cover Buku yang bagus adalah Cover Buku yang bisa menggambarkan keseluruhan dari isi buku tersebut.